PENGENYAL BAKSO TAMBAHAN

pengenyal bakso
Selamat sore pembaca kali ini saya mau memberikan informasi tentang bahan baku tambahan yang digunakan pada proses pembuatan adonan bakso agar hasil jadi bakso lebih kenyal. Pasa dasarnya untuk membuat adonan bakso tidak diperlukan bahan tambahan dengan catatan bahwa daging yang kita dapatkan benar-benar segar, namun biasanya mendapatkan daging yang benar-benar segar dan teksturnya pas untuk membuat bakso sedikit sulit maka diperlukan bahan tambahan untuk meningkatkan kualitas adonan bakso.

Bahan tambahan yang saya informasikan disini tentunya adalah bahan yang diperbolehkan pada industri makanan, macam-macamnya adalah :

1. KARAGENAN 
Karagenan adalah pengenyal bakso yang alami karena terbuat dari bahan rumput laut. sifatnya bisa mengentalkan adonan.


2. SODIUM TRIPOLYPHOSPAT FOOD GRADE

Pengenyal bakso Sodium Tripolyphospat sering di singkat STPP atau kadang juga disingkat STP. Pengenyal bakso ini Berbentuk serbuk putih, merupakan anorganik material dengan rumus kimia Na5P3O10 (wikipedia). cukup familiar dikalangan pedagang bakso, harga pengenyal bakso ini cukup terjangkau.



3. MIXPHOS / PHOSMIX

Pengenyal bakso MIXPHOS merupakan sebuah merek dagang yang sangat populer di kalangan industri perbaksoan. Sebenarnya MIXPHOS atau PHOSMIX adalah percampuran dari berbagai phospat. Phosmix Ada yang di impor dari Australia, tetapi produk lokal Indonesia juga ada.



4. MIXKARAGEN

Pengenyal bakso ini agak unik, karena merupakan blending antara Pengenyal alami dan pengenyal sintetis. menghasilkan karakter adonan yang cukup bagus.

MIXKARAGEN dipakai pada adonan bakso dengan prosentase 0.5 - 1% dari berat total adonan.


5. SODIUM BIKARBONAT

Natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama. Senyawa ini disebut juga baking soda (soda kue), Sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat, dan lain-lain. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air.


Bahan-bahan tambahan tersebut dapat anda dapatkan di toko penjual perlengkapan makanan dan di swalayan, namun apabila anda kesulitan untuk mencari bahan tersebut saya juga menjualnya. Mudah-mudahan informasi dari saya dapat bermanfaat dan jangan lupa ikuti cerita saya tentang bakso yang tidak pernah ada habisnya.

TERIMA KASIH

0 Response to " PENGENYAL BAKSO TAMBAHAN "

Posting Komentar