RESEP BAKSO ENAK SEDUNIA

bakso enak

Selamat siang seperti janji saya pada post sebelumnya tentang resep bakso kali ini akan saya share sedikit rahasia resep bakso enak sedunia bagi saya,hehe tapi di jamin setelah anda mempraktekan pasti enak ko.

Setelah membaca post saya sebelumnya kali ini anda pasti sudah memiliki mental untuk memulai berbisnis bakso langsung saja, bakso yang selama ini saya buat dikategorikan menjadi 2 jenis bahan baku utamanya yaitu bakso yang terbuat dari daging ayam dan bakso yang terbuat dari daging sapi, mengapa saya hanya membuat dari 2 jenis daging ini adalah karena setelah mengalami trial n eror hanya 2 jenis bakso ini yang mempunyai pasar cukup baik untuk bakso dengan bahan baku daging lainnya sudah saya tinggalkan semata-mata faktor keuntungan bukan berarti daging selain ayam dan sapi tidak bisa digunakan sebagai bahan adonan bakso ya.

Daging sapi yang biasa saya gunakan adalah bagian paha karena memiliki karateristik yang lebih padat daripada bagian lainnya dan menurut logika saya bagian paha ini adalah bagian daging aktif yang sering di gunakan sapi untuk berjalan beda dengan bagian badan sapi yang cenderung pasif pergerakan otot-ototnya, ini versi logika saya jadi jangan salahkan saya apabila terjadi beda pendapat dalam hal ini.

Lalu untuk daging ayam saya tidak membeda-bedakan karena setiap bagian daging ayam sama saja karena menurut saya semua bagian tubuh ayam lebih aktif bergerak daripada sapi.

Pemilihan daging sudah maka bahan dan bumbu yang selanjutnya adalah :

  • tepung tapioka / kanji, ingat bedakan antara tepung gandum dengan tepung kanji, karena apabila menggunakan tepung terigu / gandung dan anda mencampurkan tepung kanji dengan tepung gandung adonan bakso apabila sudah matang akan terasa getir di mulut.
  • bawang putih
  • bawang merah goreng
  • garam dan merica
  • tambahkan es batu pada saat proses pengadonan hal ini dikarenakan gesekan pisau blender pengadon yang berputar cepat menghasilkan panas yang menimbulkan daging tidak dalam kondisi fresh merata saat diadon, melainkan sudah mengalami proses pemanasan suhu daging, efeknya hasil bakso tidak bisa kress kalau di gigit.
perbandingan adonan bakso yang biasa saya gunakan :
  • Daging yang digunakan 75%
  • Es batu yang digunakan 12,5%
  • Tepung dan bumbu yang di gunakan 12,5%
silahkan anda mencoba dan konversikan sendiri kedalam bentuk gram karena banyak sedikitnya daging yang digunakan itu terserah anda.

setelah adonan tadi bercampur dan kalis, maka bentuk adonan menjadi bulat-bulat sesuai selera anda masukan adona tadi pada air panas tetapi proses pemanasannya telah di hentikan, maksudnya rebus air panas apabila sudah mendidih matikan api nah air ini yang digunakan untuk mematangkan adonan bakso apabila anda mematangkan adonan bakso pada air mendidih yang apinya masih trus menyala yang terjadi adalah bakso anda akan brekele aliar kriting dan tekstur tidak kress.

cobalah resep saya di atas apabila setelah jadi bakso anda masih kurang kres ada teknik selanjutnya untuk menjadikan bakso anda kress, tapi untuk beberapa kasus tanpa teknik lanjutan bakso yang dihasilkan sudah kres dan enak.

TERIMA KASIH

0 Response to " RESEP BAKSO ENAK SEDUNIA "

Posting Komentar