KENAPA HARUS BISNIS BAKSO

bisnis bakso

Selamat siang rekan-rekan semua mau share sedikit nih tentang bakso secara itu salah satu makanan kesukaan saya apalagi dimakan pas ujan-ujan pake saos sambil nonton film, enak banget tuh hehe jadi ngelantur mulai serius dikit ah.

Indonesia negara kita tercinta siapa sih yang gak kenal bakso, dari mulai anak kecil sampe lansiapun tahu apa  itu bakso, makanan dari olahan adonan daging, tepung dan bumbu di bentuk bulat-bulat berkuah kaldu segar bisa juga di tambahkan mie, pedagang baksopun dengan mudah kita jumpai ada yang keliling pake gerobak, pedagang kaki lima pinggir jalan sampai restoran bintang limapun pasti menyediakan menu bakso ini so bakso sudah memasuki semua lapisan elemen masyarakat dari ekonomi menengah kebawah, menengah maupun ekonomi kelas wahit / sosialita,he.  

Berdasarkan logika berfikir sederhana saya maka pangsa pasar bakso ini tidak akan ada habisnya tentunya persaingan usaha inipun makin ketat dari hari ke hari, kalau memang anda bisa melihat potensi yang sebegitu besar jangan ragu untuk mencoba usaha ini begitu juga dengan saya yang memberanikan diri untuk terjun dibidang kuliner yang satu ini, lalu pertanyaan selanjutnya yang muncul di benak anda pastilah 

"saya tidak punya modal, nanti kalau bangkrut bagaimana???

hal itu juga yang terjadi pada saya waktu pertama kali merintis usaha ini, tapi saya memberanikan diri menyisihkan sebagian uang gaji saya untuk mencoba-coba bisnis ini, modal yang diperlukan tidak banyak ko ternyata mulai dari Rp. 500.000,- saja sudah bisa jadi bos bakso (bos disini tentunya bukan bos yang punya kedai mewah full AC beserta 50 karyawan ya, tapi tetap di syukuri sekecil apapun usahanya tetap andalah bosnya), "ko bisa 500 ribu jadi bos bakso??" jawabannya bisa ini saya beberkan rahasia andalan saya memanage dana 500 ribu, yang harus dibeli adalah : 


  • Blender yang ada penghancur dagingnya ini adalah jantung dari awal usaha anda beli yang murah saja kisaran Rp. 300.000,-
  • Panci untuk merebus adonan, kalau di rumah sudah ada berarti budget untuk ini bisa dihilangkan(lebih murah lagi kan) Rp. 50.000,-
  • Loyang untuk menaruh adonan yang sudah siap dibentuk Rp. 10.000,-
  • Daging, tepung dan bumbu-bumbunya(bawang putih, bawang merah, lada, garam dan penyedap) Rp. 140.000,-

Murah meriah kan kalau mau jadi bos bakso, trus pertanyaan selanjutnya pasti


"trus itu semua diapakan??" dibuang trus dibakar deh,hehe maaf bercanda ya dibuat lah dengan ketulusan hati dan semangat disertai doa(lebay ya,hehe), langkah pertama daging beserta tepung dan bumbu-bumbu di proses menjadi adonan dalam blender sampai adonan kalis (kalis tu kurang lebih gampang dibentuk dan tidak begitu nempel di tangan), lalu bentuk bulat-bulat dengan tangan dan alat bantu sendok makan, masukan kedalam air panas yang telah di rebus dalam panci.

setelah bakso jadi pertanyaan selanjutnya adalah "trus gimana cara jualnya??" ya terserah situlah ko saya yang repot,he becanda lagi. Kalau rekan-rekan ingin mengetahui bagaimana saya dulu pertama kali menjualnya begini ceritanya, pangsa pasar pertama kali yang saya lirik adalah pasar tradisional karena respons pembeli pada pasar tradisional ini cocok untuk dijadikan trial n eror, bawalah dagangan anda lalu titipkan kepada salah satu pedagang yang anda kenal atau paling tidak yang sering anda beli dipasar lakukan kegiatan ini selama 5 hari berturut-turut, setelah 5 hari si penjual tadi pasti akan memberikan anda masukan entah baik atau buruk yang namanya masukan dari orang dapat meningkatkan pengalaman kita dalam berbisnis, nah dari sistim awal ini dapat anda kembangkan ke jaringan lainnya misalnya masuk ke pasar-pasar yang lain, mencoba membuka kedai bakso dirumah atau mensupplay kebutuhan bakso kalangan tertentu.

Kesimpulannya terus lakukan strategi marketing anda, jaga mutu bakso, duplikasi strategi anda apabila dirasa itu sudah menguntungkan, bentuklah pola pikir bahwa bakso anda paling enak sedunia tentunya setelah anda coba juga. itulah cikal bakal apabila anda mau berbisnis bakso dengan modal murah hasil wah satu lagi pasti anda sekalian timbul pertanyaan "ko tidak ada resep baksonya yang dibahas cuma sedikit tentang resepnya" sabar temen-temen pada postingan saya selanjutnya pasti akan saya beberkan bagaimana cara membuat bakso yang kres tanpa memakai borax atau bahan-bahan yang dilarang oleh lembaga terkait makanan, terus ikuti cerita saya ya....

TERIMA KASIH 

0 Response to " KENAPA HARUS BISNIS BAKSO "

Posting Komentar