TIPS MEMILIH DAGING SAPI UNTUK BAKSO

daging sapi untuk bakso

Selamat sore pembaca, kali ini saya akan berbagi tips memilih daging sapi yang baik untuk bakso anda. Sekilas pembuatan bakso cuma menggunakan daging sapi biasa tapi jangan salah bakso yang enak tidak dapat terlepas dari pemilihan daging yang tepat, apabila rekan-rekan salah memilih daging sapi maka hasil jadi dari bakso yang anda  buat akan kurang enak atau kurang kres berikut adalah tips memilih daging sapi yang benar untuk bakso menurut saya :


  1. Perhatikan Warna Daging
    Daging yang segar dan berkualitas dapat diketahui dari warnanya. Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar, tidak pucat dan tidak kotor. Warna daging bervariasi tergantung dari jenis hewan secara genetic dan usia, misalkan daging sapi potong lebih gelap daripada daging sapi perah, daging sapi muda lebih pucat daripada daging sapi dewasa.
  2. Tekstur dan Aroma Daging
    Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal dan aroma yang segar. Tekanlah sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar. Pada daging busuk akan terasa lembek saat ditekan dan memilki bau yang agak busuk serta asam.
  3. Tidak Berair
    Jika Anda membeli daging mungkin Anda sering melihat cairan berwarna merah mirip darah. Cairan itu bukanlah darah melainkan “sari” dari daging tersebut (kelembapan).Secara normal daging mempunyai permukaan yang relative kering sehingga dapat menahan pertumbuhan mikroorganisme dari luar yang mempengaruhi daya simpan daging tersebut.Cobalah untuk membeli daging yang tidak berair, karena jika berarir maka daging tersebut sudah berada cukup lama berada di udara bebas.
  4. Daging Sengkel
    Sebenarnya istilah sengkel ini berasal dari bahasa Belanda yaitu Schenkel. Artinya bagian depan atas kaki sapi karena ototnya cukup banyak dan digunakan untuk bergerak aktif maka daging pada bagian ini sangat bagus untuk dijadikan bahan utama pembuatan bakso.
daging sapi untuk bakso

Sekian tips memilih daging sapi untuk bakso dari saya semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba, jangan lupa ikuti terus cerita saya tentang bakso dan tipsnya yang tidak pernah akan ada habisnya.

Terima Kasih

0 Response to " TIPS MEMILIH DAGING SAPI UNTUK BAKSO "

Posting Komentar