PENGENYAL BAKSO MENGGUNAKAN ES BATU

es batu sebagai pengenyal bakso

Selamat siang rekan-rekan pada post kali ini saya mau share sedikit tentang pengenyal bakso nih, pernahkah anda membuat bakso tapi setelah jadi dirasakan ada sesuatu yang kurang mantap pada teksturnya, misalnya kurang kenyal, kurang padat, atau kalau istilah saya kurang kress waktu digigit?? kalau jawabanya iya berarti sama seperti saya pada saat awal mulai membuat bakso dulu, sebenarnya menghasilkan bakso dengan tekstur seperti buatan saya sekarang ini butuh trial n eror beberapa kali tapi untuk rekan-rekan semua saya beritahukan rahasianya.

Hal terpenting pada saat membuat adonan bakso adalah es batu catat ya "
es batu", lalu pasti timbul pertanyaan kenapa harus es batu bukannya untuk mencampur suatu adonan hanya perlu air saja begitu pula dengan saya dulu, untuk alasan ilmiahnya saya tidak mengerti tetapi yang jelas setelah saya melakukan beberapa kali trial n eror adonan yang menggunakan es batu hasil baksonya akan lebih kress ketika digigit berbeda dengan adonan yang hanya menggunakan air pada saat pembuatan adonannya.

Setelah saya fikir dengan logika sederhana dan bertanya pada beberapa teman saya mungkin adonan yang menggunakan es batu ini hasilnya lebih kress dikarenakan perbedaan antara es batu dan air biasa, adalah perbedaan bentuk dan suhu kedua wujud tersebut.  Pada saat percampuran adonan bakso dalam alat pencacah daging/ blender daging yang mempunyai kecepatan putaran yang tinggi, ada panas yang timbul dari gesekan antara alat tersebut dengan adonan, panas yang timbul ini bisa membuat protein daging rusak. (kata abang tukang bakso yang biasa giling di pasar, adonan mateng saat di giling). rusaknya protein daging membuat adonan bakso tidak sempurna atau rusak. Nah fungsi es disini jelas sekali, selain berfungsi untuk pelarut juga berfungsi untuk menurunkan suhu reaksiadonan bakso, sehinggga protein daging tidak rusak dan bisa bereaksi atau tercampur sempurna.

Untuk takaran penggunaan berapa banyak es batu sama seperti penggunaan pelarut yang biasa rekan-rekan gunakan sebelumnya, kalau saya jumlahnya adalah 12,5% dari berat total adonan yang akan di buat atau silahkan cek postingan saya sebelumnya disana sudah saya beritahukan berapa prosentase masing-masing bahan yang akan digunakan.

Sekian tips dari saya supaya bakso buatan anda KRESS  pada saat di gigit, mudah-mudahan dapat membantu dan selamat mencoba, jangan lupa terus ikuti cerita saya pada post-post selanjutnya tentang bakso serta tipsnya yang tidak akan ada habisnya

TERIMA KASIH



0 Response to " PENGENYAL BAKSO MENGGUNAKAN ES BATU "

Posting Komentar