BAHAYA FORMALIN UNTUK BAKSO

bahaya formalin untuk bakso

Selamat sore rekan-rekan pada post kali ini saya ingin menyoroti penggunaan formalin pada adonan bakso, pernahkah anda membuat bakso dengan menambahkan formalin pada adonannya??lalu apa efek yang anda rasakan pada hasil bakso setelah matang??jawaban dari rata-rata pedagang bakso yang saya jumpai kedapatan menggunakan formalin pada adonannya mengatakan bahwa bakso menjadi lebih padat dan lebih awet, jadi apabila pada hari itu tidak laku habis terjual semua bisa untuk berjualan keesokan harinya.

YAP kesimpulan dari saya adalah para pedagang bakso menggunakan formalin hanya semata-mata keuntungan pribadi tapi mengesampingkan efek yang timbul pada konsumen yang telah setia membeli bakso dagangannya, seharusnya mereka sadar sebagai penjual harus memberikan yang terbaik untuk konsumennya salah satunya dengan tidak menggunakan formalin.

Apa sih sebetulnya formalin itu?? 

Formalin adalah senyawa kimia formaldehida, merupakan aldehida dengan rumus kimia H2CO, yang berbentuk gas, atau cair yang dikenal sebagai formalin atau padatan yang dikenal sebagai paraformaldehyde atau trioxane. Meskipun dalam udara bebas formaldehida berada dalam wujud gas, tetapi bisa larut dalam air biasanya dijual dalam kadar larutan 37% yang kita kenal dengan formalin pada pasarannya, dalam air formaldehida mengalami polimerisasi dan sedikit sekali  yang ada dalam bentuk monomer H2CO yang umumnya larutan ini mengandung beberapa persen metanol untuk membatasi polimerisasinya(sumber wikipedia).

KEGUNAAN FORMALIN YANG DIIJINKAN :
§  Pengawet mayat
§  Pembasmi lalat dan serangga pengganggu lainnya.
§  Bahan pembuatan sutra sintetiszat pewarnacerminkaca
§  Pengeras lapisan gelatin dan kertas dalam dunia Fotografi.
§  Bahan pembuatan pupuk dalam bentuk urea.
§  Bahan untuk pembuatan produk parfum.
§  Bahan pengawet produk kosmetika dan pengeras kuku.
§  Pencegah korosi untuk sumur minyak
§  Dalam konsentrasi yang sangat kecil (kurang dari 1%), Formalin digunakan sebagai pengawet untuk berbagai barang konsumen seperti pembersih barang rumah tangga, cairan pencuci piring, pelembut kulit, perawatan sepatushampoo mobillilin, pasta gigi, dan pembersih karpet.



maka sebenarnya penggunaan formalin pada bakso sangatlah dilarang oleh BPOM karena Jika terpapar formaldehida dalam jumlah banyak, misalnya terminum, bisa menyebabkan kematian. Dalam tubuh manusia, formaldehida dikonversi menjadi asam format yang meningkatkan keasaman darah, tarikan napas menjadi pendek dan sering, hipotermia, juga koma, atau sampai kepada kematiannya. Di dalam tubuh, formaldehida bisa menimbulkan terikatnya DNA oleh protein, sehingga mengganggu ekspresi genetik yang normal. Binatang percobaan yang menghisap formaldehida terus-terusan terserang kanker dalam hidung dan tenggorokannya.

Saran saya apabila anda ingin memulai usaha bakso yang niatnya untuk mendapatkan untung berupa materi dari kegiatan usaha tersebut janganlah menghalalkan segala cara demi mendapat untung semata, jadilah pengusaha yang bersih dan hargai pula konsumen anda. Sekian post dari saya semoga dapat bermanfaat dan terus ikuti cerita saya tentang bakso.

TERIMA KASIH



0 Response to " BAHAYA FORMALIN UNTUK BAKSO "

Posting Komentar